jump to navigation

Ketika Cinta Bertasbih April 15, 2008

Posted by lenijuwita in Uncategorized.
trackback

ketika cinta bertasbih

Oleh : yanibook, 15 Maret 2008 – 12:42:01

Rating

Kang Abik emang jagonya bikin novel yang berlatar belakang religi. Buku ini bukan sekadar novel biasa, tetapi perpaduan antara ilmu agama dengan cerita fiksi. Karakter tokoh utama sangat kuat. Di episode 1 berisi tentang pengembaraan sang Khairul Azzam dalam menuntut ilmu di Al-Azhar Kairo, dan perjuangannya selama 9 tahun untuk menyelesaikan masa studi S1nya di Al-Azhar sembari mencari uang untuk biaya sekolah adik-adiknya di tanah air dengan berjualan bakso dan tempe kepada para mahasiswa maupun Orang Indonesia yang ada di Kairo. Sedang episode 2 berisi tentang pencarian cinta Khairul Azzam di tanah kelahirannya (Pulau Jawa). Untuk Episode 2 akan membuat anda berlinang air mata saat Azzam kehilangan orang yang sangat dicintainya dan juga tentang kenangan Husna (Adik Azzam) sewaktu Ayah mereka dipanggil oleh Sang Khalik. Mungkin ini adalah salah satu kelebihan yang ada dalam buku Ketika Cinta Bertasbih ini.

Setelah membaca buku episode 1 dan 2, saya menyadari bahwa ternyata masih banyak hal yang belum saya ketahui tentang Islam, dan Alhamdulillah saat selesai membaca buku ini sedikit demi sedikit pengetahuan saya akan Islam semakin bertambah.

Sesuai dengan tema novelnya yakni novel pembangunan jiwa, Kang Abik betul-betul dengan sungguh-sungguh menciptakan suatu alur cerita yang mau tidak mau dapat menyadarkan pembacanya tentang betapa indahnya hidup jika dilandaskan dengan Al-Quran dan Sunnah Rosul.

Adapun kekuangan dari novel ini yakni pada buku episode 2 di mana Kang Abik kurang menggambarkan kenyataan perasaan yang dirasakan Azzam sang tokoh utama saat kehilangan Ibunya. Juga tidak adanya kisah tentang Sarah (adik bungsu Khairul Azzam) sewaktu peninggalan Ibunda mereka. Buku ini juga menggambarkan betapa jodoh adalah rahasia Allah yang sangat tak mudah untuk dapat ditebak oleh manusia. Dapat dilihat dari perjalanan Azzam dalam melakukan ikhtiar untuk mendapatkan jodoh yang terbaik dari Allah SWT. Karena kita membaca saya juga tidak menyangka jodoh yang akhirnya di dapatkan oleh Azzam.

Nggak ada ruginya untuk membeli buku ini karena bukan sekedar cerita yang disuguhkan tetapi banyak ilmu-ilmu tentang islam yang akan anda peroleh. Dan saya yakin dengan semakin banyak membaca jenis-jenis buku seperti ini maka jiwa anda akan semakin subur dengan pengetahuan akan Islam. Dan tak bosan-bosannya saya merekomendasikan buku ini sebagai “BUKU YANG WAJIB DIMILIKI OLEH PARA MUSLIM ATAU MUSLIMAH” atau juga buku ini wajib dimiliki oleh orang-orang yang selama ini mencari angin baru dari sebuah novel.

Komentar»

1. enggar - September 17, 2008

kak, kenapa cih kok bisa buat se4bagus itu, apa yang kakak lakukan kok bisa sebagus itu membuat novel itu. makasih, enggar anak man 1 semarang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: